Fungsi Jantung , Fungsi Pembuluh Darah , Fungsi Pembuluh Nadi , Fungsi Pembuluh Balik

1. FUNGSI JANTUNG

Jantung adalah organ berotot yang dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung merupakan bagian utama dari sistem peredaran darah pada manusia. Jantung juga merupakan salah satu organ vital pada manusia karena berperan dalam memberikan nutrisi ke seluruh tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi jantung manusia.

clip_image001

· Memompa darah melalui pembuluh darah.

· Memompa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.

· Menerima darah dari seluruh tubuh.

· Menerima darah beroksigen dari paru-paru.

· Mencegah bercampurnya darah miskin oksigen dengan darah kaya oksigen.

· Membantu membuang limbah sisa metabolisme.

· Membantu mengukur jumlah darah yang dipompa dengan menghitung jumlah denyut jantung per menit.

2. FUNGSI PEMBULUH DARAH

clip_image003

Fungsi pembuluh darah – Pembuluh darah adalah bagian yang terpenting di dalam sistem peredaran darah makhluk hidup. pembuluh darah menjadi tempat mengalirnya darah untuk membawa oksigen dan membawa sari – sari makanan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Pembuluh darah dibedakan menjadi pembuluh kapiler yang berfungsi untuk melakukan pertukaran air dan zat kimia antara bagian jaringan dan darah kita, pembuluh darah kedua disebut arteri yang berperan dalam membawa darah dari jantung, ke seluruh tubuh.

3. FUNGSI PEMBULUH NADI (ARTERI)

clip_image004

Pembuluh nadi merupakan salah satu pembuluh yang memiliki otot, fungsi pembuluh nadi ialah membawa darah menuju jantung. Pembuluh nadi memiliki 3 lapisan dinding, antara lain :

o Lapisan pertama merupaka lapisan terluar yang memiliki sifat yangg elastis.

o Lapisan kedua letaknya berada ditengah-tengah lapisan yang memiliki bentuk seperti otot-otot yang tipis

o Lapisan ketiga merupakan lapisan terdalam yang susunannya dimulai dari lapisan sel yang memiliki dinding yang tipis

Pembuluh nadi memiliki dinding yang lebih tebal dibandingkan dinding pembuluh lainnya, selain itu dinding pembuluh nadi juga lebih kuat dan lebih elastis, hal ini berguna untuk membantu pemompaaan kinerja jantung yakni memberikan dorongan yang kuat agar darah dapat mengalir keseluruh tubuh. pembuluh nadi memberikan tekanan sepanjang darah mengalir pada pembuluh darah dan memberikan denyutan, sehingga dapat membuat darah memancar apabila pembuluh nadi mengalami luka.

Saluran terbesar pada pembuluh nadi dinamakan oarta. oarta berpangkal atau berpusat pada bilik kiri dari jantung. tugas dari oarta ini adalah membawa darah yang mengandung oksigen mengalirkannya keseluruh tubuh. oarta memiliki katup yang berada pada luar jantung, yang nantinya akan berlanjut pada dua cabang yang dimiliki oarta. cabang oarta yang pertama menuju ke bagian atas tubuh dan cabang oarta yang kedua menuju bagian bawah tubuh. Dari cabang oarta tadi, pembuluh nadi akan bercabang-cabang lagi hingga menjadi cabang yang terkecil dari pembuluh nadi, cabang terkecil dari pembuluh nadi tersebut dinamakan arteriol. arteriol memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih tipis dari pada cabang pembuluh nadi lainnya. arteriol memiliki cabang lagi yang menghubungkannya dengan pembuluh kapiler.

Selain membawa darah yang mengandung oksigen, fungsi pembuluh nadi lainnya adalah membawa darah yang mengandung karbondioksida, pembuluh ini bernama pembuluh nadi pulmonalis. pembuluh nadi pulmonalis memiliki pangkal pada bilik kanan dari jantung. ukuran dari pembuluh nadi pulmonalis lebih kecil dibandingkan dengan oarta. Baca: Pengertian, fungsi, jenis, dan ciri-ciri pembuluh nadi

Darah yang berasal dari jantung akan dialirkan keseluruh tubuh melewati pembuluh nadi. pembuluh nadi tugasnya adalah membwa darah yang mengandung oksigen serta zat-zat makanan, pembbuluh ini dinamakan pembuluh nadi tajuk atau pembuluh nadi koronaria. pembuluh nadi koronia memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga membuatnya terkadang memiliki masalah yaitu mudahnya saluran ini tersumbat oleh lemak. masalah ini membuat jantung terkadang kekurangan asupan nutrisi dan oksigen. masalah ini biasa dinamakan dengan koronariasis.

4. FUNGSI PEMBULUH BALIK (VIENA)

clip_image005

Fungsi pembuluh balik adalah membawa darah dari kapiler menuju ke jantung. Letak pembuluh vena dibawah permukaan kulit

yang terlihat oleh mata kita yang berwarna kebiru-biruan. Dinding pembuluh vena lebih tipis dan tidak elastis. Denyut pada pembuluh vena tidak terasa oleh kita.

Pembuluh balik memiliki katup pada tiap pembuluhnya karena tidak dipompa oleh jantung.

Fungsi katup itu sendiri adalah agar darah mengalir terus. Pambuluh balik pada kita dibagi menjadi dua lagi yaitu:

a. Pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis)

fungsi pembuluh balik paru-paru adalah pembuluh yang membawa darah yang berasal dari paru-paru menuju atrium kiri (serambi kiri) jantung. Pembuluh ini membawa darah yang kaya oksiden.

b. Pembuluh balik tubuh

Pembuluh ini dibagi menjadi dua lagi yaitu pembuluh balik atas yang fungsinya mengedarkan darah pada bagian tubuh atas seperti pada kepala dan lengan. Sedangkan pembuluh balik bawah fungsinya mengatarkan darah menuju bagian bawah tubuh seperti pada kaki. Setelah darah diedarkan seluruh tubuh makan pembuluh balik tubuh membawa darah menuju serambi kanan jantung dan darahnya kaya karbondioksida.

0 Response to "Fungsi Jantung , Fungsi Pembuluh Darah , Fungsi Pembuluh Nadi , Fungsi Pembuluh Balik"

Post a Comment