Badan Gemuk Bukan Berarti tidak sehat



Badan Gemuk Bukan Berarti tidak sehat.clip_image003 Orang yang kegemukan tetapi fit tersebut adalah mereka yang tidak menderita diabetes. Hipertensi, kolesterol tinggi, serta memiliki tubuh yang bugar dan berolahraga lebih sering dibandingkan dengan orang obesitas lainnya.
Saat melihat orang yang kelebihan berat badan selalu muncul kesan tidak sehat. Padahal sehat atau tidaknya seseorang tidak bisa dilihat hanya dari bentuk dan berat badannya saja, melainkan dari komposisi tubuhnya. Ada banyak faktor yang menentukan bentuk tubuh seseorang, salah satunya faktor genetik dan faktor ini memang sulit diubah. Berkat faktor genetik ada sebagian orang yang selalu kurus dan sebagian lainnya selalu gemuk, meski mereka memakan porsi makanan yang kurang lebih sama. Pada dasarnya, selama komposisi otot dan lemak tubuh seimbang, maka bentuk dan berat badan tidak akan terlalu besar pengaruhnya bagi kesehatan. Hanya saja orang gemuk biasanya memiliki komposisi lemak yang lebih tinggi sehingga cenderung tidak sehat. Namun, bukan berarti orang kurus selalu lebih sehat daripada mereka yang bertubuh gemuk. Karena banyak pula yang dari luar tampak kurus ternyata kolesterolnya tinggi. Apalagi jika badannya kurus tapi perutnya buncit, bisa beresiko mengalami gangguan metabolisme lebih besar karena artinya dia mengalami obesitas sentral. Seorang motivator hidup sehat yang juga dokter, Phaidon Thoruan, mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki empat komponen yang mempengaruhi bentuk tubuh. Dari keempat faktor tersebut, dua diantaranya sangat dipengaruhi faktor genetik sehingga sulit diubah, yaitu tulang dan organ dalam. Meski begitu, ada dua komponen lain yang lebih mudah dimodifikasi untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, yaitu lemak dan massa otot. Selain kondisi hormon, jenis makanan yang dikonsumsi serta aktivitas fisik dapat mempengaruhi komposisi kedua faktor tersebut. Komposisi atau perbandingan antara lemak dengan massa otot di dalam tubuh lebih mempengaruhi kesehatan dibandingkan hanya melihat berat badannya saja. Untuk menjaga komposisi lemak dan otot agar selalu seimbang, pola makan sehat harus dijaga serta didukung dengan olahraga teratur. Karena aktivitas fisik akan membantu membakar kelebihan kalori agar tidak ditimbun sebagai lemak. Sedangkan untuk mengukur komposisi otot dan lemak secara akurat diperlukan alat khusus yang biasanya Anda temui di tempat fitness. Jika Anda rajin berkunjung ke sana, Anda bisa mengecek komposisi otot dan lemak secara gratis.


clip_image005Biar gemuk asal sehat, begitu prinsip banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan. Karena bukan tidak mungkin orang yang tergolong gemuk tetapi lebih fit dibadingkan orang yang berat badannya normal.
Orang yang kegemukan tetapi fit tersebut bahkan memilikin resiko terkena penyakit jantung dan kanker lebih rendah dibandingkan orang yang lebih kurus. Kuncinya adalah memiliki metabolisme yang fit. Itu berarti tidak menderita tekanan darah tinggi, kenaikan kolesterol, gula darah, serta selalu rajin berolahraga.
Risiko mereka untuk terkena penyakit kronis pun lebih rendah , bahkan dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal tetapi secara metabolik tidak fit.
Menganalisa data lebih dari 43.000 orang Amerika, para peneliti menemukan bahwa kegemukan tidak semata membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit.
Dalam studi yang dilakukan tim dari Universitas South Carolina itu, ditemukan lebih dari sepertiga partisipasi termasukobesitas. Dari jumlah 18.500 orang tersebut, separuhnya masuk dalam kategoi sehat secara metabolik setelah mereka dites fisik dan pemeriksaan laboratorium.
Hasil penelitian inin menegaskan pentingnya aktivitas fisik sebagai indikator kesehatan. Rutin berolahraga akan membuat kita bugar dan sehat, bahkan meski berat badan berlebih.
Menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga akan membatu mengurangi berat badan dan menurunkan resiko penyakit. Tetapi jangan terlalu terpaku pada angka timbangan. Menghitung indeks massa tubuh dan menurunkan lingkar pinggang juga penting\
Tetapi biasanya orang yang kegemuan sering tidak PD (Percaya Diri), biasanya para kaum wanita dengan suatu alasan yaitu : Penampilan kurang menarik,Badan yang tidak ideal,pinggul yang tidak kegedean/langsing, dan lengan yang besar.
Berikut bagi orang yang tidak PD dengan badannya yang kegemukan inilah tipsNya
1. Kurangi porsi makan yang berlebihan dan seimbangkan gizi makanan.
2. Olahraga secara teratur.
3. Jangan mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan
 
 
Sumber : www.mastermultimediam3.blogspot.com












0 Response to "Badan Gemuk Bukan Berarti tidak sehat"

Post a Comment